Home » Pemaparan Pencapaian Kinerja Sepanjang Tahun 2023 Polres Karawang  

Pemaparan Pencapaian Kinerja Sepanjang Tahun 2023 Polres Karawang  

INFORMASIMERAHPUTIH.com | Karawang, Jawa Barat | Di Penghujung tahun, Kapolres didampingi Wakapolres juga Kasi Humas Polres Karawang beserta Tim Satgas menggelar pers release dalam pencapaian kinerja sepanjang tahun 2023 di aula Polres Karawang, Jumat, (29/12/2023).

Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono memaparkan pengungkapan semua perkara dari setiap kasus di masing-masing Satuan Unit Reserse Polres Karawang juga menyampaikan jumlah keseluruhan anggota keluarga besar Polres Karawang hingga saat ini sebanyak 1.119 orang.

“Pelayanan kepolisian untuk masyarakat Karawang dengan jumlah personil tersebut menjadi penyemangat Kapolres diharapkan agar seluruh personil yang ada saat ini akan mampu meningkatkan pelayanan kinerja yang lebih baik untuk masyarakat,” tutur Kapolres.

Disamping itu, Polres Karawang juga menciptakan program-program terkait pelayanan dan membentuk satgas di organisasi-organisasi masyarakat dimaksudkan untuk berkolaborasi dan menciptakan peran masyarakat dalam bentuk kenyamanan dan keamanan dalam penyampaian informasi terkait pelayanan kinerja di Polres Karawang.

AKBP Wirdhanto mengucapkan, sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat Karawang atas supportnya guna mendukung kinerja seluruh kegiatan yang dilakukan Keluarga Besar Polres Karawang sehingga terciptanya kondisi secara kondusif bermasyarakat.Pemaparan Pencapaian Kinerja Sepanjang Tahun 2023 Polres Karawang

Tak kalah penting, “Kolaborasi peran insan media yang terus memberikan informasi kepada masyarakat luas dalam penyampaian pesan dan informasi terkait segala kegiatan Polres Karawang sampai ke Polsek beserta jajarannya,” ucap AKBP Wirdhanto.

Diawal penyampaiannya, Kapolres menjelasakan beberapa kasus dalam aspek tindak pidana dan penyelesaian perkara, penyalahgunaan narkoba, restorative justive, tindak pidana perdagangan orang (TPPO) juga data laka lantas dan pelanggaran lalu lintas di tahun 2023.

Aspek tindak pidana di tahun 2023 sendiri mengalami penurunan kasus dari tahun 2022 lalu, dimana turun sebanyak 3% yaitu sebanyak 1.570 perkara. Dan dalam penyelesaian perkara secara presentasi sebanyak 90%.

Sementara itu, dalam kasus penyalahgunaan narkoba mengalami peningkatan perkara sebanyak 15,71%. Dimana di tahun 2022 perkara yang ditangani 118 perkara, dan ditahun 2023 ini sebanyak 145 perkara.

“Kami Polres Karawang melalui Tim Satresnarkoba, mengalami peningkatan penyelesaian perkara penyalahgunaan narkoba menjadi 11,72% sebanyak 145 kasus dengan penanganan 146 tersangka dan penanganan rehabilitasi sebanyak 46 orang,” Jelas Kapolres.

Barang bukti narkoba sendiri juga mengalami peningkatan yang signifikan, dimana barang bukti jenis ganja sebanyak 8 kg, tembakau gorila 2,7 kg, sabu-sabu 994 gram, dan dari jenis psikotropika barang bukti yang disita sebanyak 569 butir dari beberapa jenis, dan dari jenis obat keras tertentu yang menjadi perhatian khusus Polres Karawang di tahun 2023 ini berhasil menyita barang bukti total sebanyak 264.749 butir.

Selanjutnya, kegiatan Restorative Justive mengalami penurunan perkara sebanyak 207 perkara dibandingkan di tahun 2022.

“Ini menjadi evaluasi untuk kami Polres Karawang, semoga rasa keadilan untuk masyarakat harus tersampaikan dimana informasi tentang aturan dan mekanisme yang berlaku dalam Restorative Justive sendiri perlu ditingkatkan agar ditahun berikutnya menjadi lebih baik,” harap Kapolres.

Selain itu, dalam kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) Polres Karawang tidak melakukan penegakan hukum di tahun 2022 lalu, setelah Polri ditunjuk menjadi Satgas TPPO di tahun 2023 Polres Karawang berhasil mengungkap kasus sebanyak 4 perkara, dimana yang telah selesai ditangani sebanyak 3 perkara dari beberapa sindikat TPPO itu sendiri.

Berikutnya, tentang data laka lalu lintas mengalami penurunan dimana sebanyak 13,66% dan pelanggaran berlalu lintas sebanyak 65%.

“Kami Polres Karawang akan terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat Karawang dalam berlalu lintas diharapkan selanjutnya dari tahun ke tahun akan semakin membaik dalam berkendara dan berlalu lintas,” Ucap AKBP Wirdhanto.

Beberapa program dan prestasi yang dilakukan dan diraih Polres Karawang selama tahun 2023 ini menjadi apresiasi tersendiri bagi masyarakat Karawang, terutama dalam program Lapor Pak Kapolres sebagai salah satu program inovasi Polres Karawang agar memudahkan masyarakat dalam pengaduan pada kepolisian.

Data yang masuk dalam Program lapor pak Kapolres sebanyak 2.539 laporan dan yang telah direspon 93,34% ditangani sebanyak 2.370 laporan.

“Alhamdulillah dari sekian banyak prestasi yang diraih Polres Karawang, salah satunya program layanan call center 110 dimana mendapatkan juara 1 ditingkat Mabes Polri dan Juara 1 Piala Kapolri pada saat HUT Bhayangkara di tahun 2023,” ungkap Wirdhanto.

“Dari sekian banyak kegiatan, program dan prestasi, diharapkan seluruh anggota personil Polres Karawang terus meningkatkan kinerja lebih baik di tahun 2024 akan datang, dan menciptakan keamanan dan kenyamanan secara kondusif di masyarakat. Dan terimakasih untuk masyarakat Karawang dan stakeholder agar selalu berkolaborasi yang lebih baik lagi dengan kami Polres Karawang,” Tandas Kapolres.

Cipto – SDHdarisinimulainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to content