Home » LKBA Kabupaten Serang Kembali hidupkan Gotong royong ditengah Tengah Masyarakat Kabupaten Serang.

LKBA Kabupaten Serang Kembali hidupkan Gotong royong ditengah Tengah Masyarakat Kabupaten Serang.

INFORMASIMERAHPUTIH.com | Serang | Pelaksanaan Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2023 sudah memasuki tahun kelima.

Menurut Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, lomba yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang bersama, TNI, dan Polri tersebut dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Serang.
Ia mengatakan, ada indikator yang harus tercapai guna mencapai kesejahteraan masyarakat. Salah satunya ialah kesehatan masyarakat.

“Kesehatan akan tercapai dari kebersihan lingkungan. Jadi kami terus dorong supaya bersih diri dan bersih lingkungan kemudian bersih dari narkoba Karena ini akan menjadi permasalahan untuk akan-anak kita ke depan,” katanya saat ditemui di sela Roadshow LKBA Kabupaten Serang 2023 di Alun-Alun Kramatwatu, Rabu, 2 Agustus 2023.

Selain soal kebersihan, LKBA juga menitikberatkan pada partisipasi masyarakat dan juga budaya gotong royong.
Gotong royong sendiri dinilai akan mampu banyak memecahkan berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Melalui LKBA juga, masyarakat akan diajak untuk mampu mengelola sampah mulai dari hulunya.
Dalam satu hari, di Kabupaten Serang menghasilkan 1.000 ton sampah. Ini kalau tidak ada upaya untuk menangani sampah di hulu, akan menjadi bom waktu.

“Kalau semuanya diserahkan ke Pemda tentu ini tidak akan berhasil, berapa banyak anggaran yang harus kami siapkan,” Ucapnya.

Masyarakat juga akan diajak untuk memilah sampah yang mempunyai nilai ekonomis yang terkandung pada sampah yang selama ini dihasilkan di rumah tangga untuk dijadikan sesuatu yang bernilai ekonomis sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan Masyarakat.

“Misalnya sampah yang bernilai itu bisa dijual, ada industri yang menerima. Untuk dus misalnya ada yang menerima,” jelasnya.

Sampah-sampah organik juga dapat diolah dan dijadikan pupuk. Itu sangat berguna selain untuk pemenuhan untuk pupuk, juga dapat dijual dan memiliki nilai ekonomis.

“Kita meminta kepada LH (Dinas Lingkungan Hidup) untuk memberikan pelatihan-pelatihan untuk mengolah sampah organik. Bisa dijadikan pupuk atau pakan magot,” tegasnya.

Hal itu tentunya dikembalikan pada keinginan masyarakat untuk memulai agar lingkungan tidak menjadi lautan sampah.

“Jadi masyarakat sudah terbiasa, tidak melempar sampah di mana aja. Ada sampah dipungut dan dibuang ke tempatnya,” pungkasnya.
Dalam kegiatan yang dilaksanakan secara rutin selama 5 tahun terakhir ini juga dimeriahkan oleh berbagai macam kegiatan diantaranya, fashion show anak anak yang menggunakan design kostum dari sampah rumah tangga.

Aerobik massal pun menjadi salah satu daya Tarik Masyarakat Kabupaten Serang untuk ikut memeriahkan kegiatan LKBA tersebut, terlihat antusias Masyarakat yang hadir dalam acara tersebut dengan menggunakan berbagai macam kostum unik.

Dalam kesempatan yang sama keberuntungan berpihak kepada salah satu awak media yang mendapatkan hadiah doorprize. Ali akbar ( Baron ) jurnalis TRIBRATA TV.com terlihat sangat bahagia ketika nomor undian yang disebutkan oleh panitia cocok dengan nomor yang tertera dalam kupon doorprizenya.

“Alhamdullah mas, ga sia sia jauh jauh dari Jakarta , selain dapat berita dapat hadiahnya juga” ungkap Ali Akbar

Selaras dengan tujuan dari dilaksanakan LKBA Kabupaten Serang, Agung saeful yang merupakan ketua Karang taruna desa Pejaten , Kecamatan Kramat Watu, Serang yang mengaku ikut secara aktif dalam rangka mensukseskan acara LKBA.


“Kami selaku karang taruna tingkat desa ikut berperang aktif dalam persiapan kegiatan LKBA ini mas, diantaranya kami Kembali mengaktifkan Kembali ronda malam, membersihkan saluran saluran air sehingga kampung kami lebih bersih dan aman, diluar itu yang terpenting adalah kegotong royongan serta kebersamaan di desa kami bisa hidup Kembali” Pungkasnya.( ANF )darisinimulainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to content