Home » Himbauan Cuaca Ekstrem Pada Pancaroba di Cianjur

Himbauan Cuaca Ekstrem Pada Pancaroba di Cianjur

INFORMASIMERAHPUTIH.com l Cianjur l Pemkab Cianjur resmi memberikan himbauan terkait potensi cuaca ekstrem akibat pancaroba yang akan melanda Indonesia. 

Surat edaran tersebut, dengan nomor 360/9910/ BPBD/2023 yang ditujukan kepada para Camat, tentang peringatan dini potensi banjir, longsor, cuaca ekstrem, angin kencang di Kabupaten Cianjur. 

Diketahui Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi cuaca ekstrem yang akan melanda Indonesia, akan terjadi pada bulan Oktober – Desember 2023.

Masyarakat diimbau untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem ini di masa peralihan (Pancaroba) dari musim kemarau ke musim hujan.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Asep Kusmana  membenarkan, surat edaran cuaca ekstrem akibat pancaroba telah dibuat, dan  Pemkab Cianjur pun membuat sejumlah himbauan. 

“Tentu, kami membuat himbauan waspada cuaca ekstrem dengan membuat surat edaran dari Bupati Cianjur di mana merupakan tindaklanjut atas himbauan BMKG,” kata Asep, Selasa(31/10/2023). 

Ia menambahkan mengenai potensi banjir dan tanah longsor, kata Asep semua wilayah Cianjur berpotensi. 

“Kalau untuk banjir dan tanah longsor semua kecamatan berpotensi, apalagi medan longsor karena Cianjur memiliki kontur tanah berbukit, baik itu wilayah utara maupun selatan,” ungkapnya 

Sementara itu, Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, ia memberikan himbauan kepada para Camat untuk disampaikan kepada masyarakat. 

“Senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan, kewaspadaan terhadap gejala alam yang mungkin terjadi seperti banjir, cuaca ekstrem dan longsor,”pungkasnya. (yn) 

darisinimulainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to content