Home » Dinas Kebudayaan Pariwisata Cianjur Tidak Optimal Capaian PAD

Dinas Kebudayaan Pariwisata Cianjur Tidak Optimal Capaian PAD

INFORMASIMERAHPUTIH.com l Cianjur – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) kabupaten Cianjur Rustam Effendi menyoroti semua sektor retribusi dan pendapatan lainnya.

Selain itu pihaknya mengatakan bahwa sektor pajak sejauh ini, meskipun dibawah target namun masih optimis bisa terkejar.

“Kita masih optimis karena masih punya beberapa bulan ke depan dan ada beberapa target pajak yang memang tertunda,” kata Rustam, Selasa (05/09/23).

Ia menambahkan untuk mengoptimalkan target retribusi itu, DPRD meminta kepada teman-teman Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Cianjur untuk bersama-sama bahu membahu.

“Karena ada beberapa dinas terutama yang anggarannya tidak kecil juga, tapi setoran retribusinya bisa dibilang sangat rendah. Contohnya Disdikpora masih di sekitar 6% sampai saat ini. Berarti kurang lebih sekitar 94% untuk mengejar target,” jelasnya.

Selain itu juga instansi yang tidak optimal dalam sektor retribusi diantaranya Dinas kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) baru 7%, Disdikpora, dan Dishub 20%.

Serta termasuk Rumah Sakit Sayang, Rumah Sakit Cimacan dan Dinas kesehatan dan juga BLUD Puskesmas sangat rendah retribusinya. “Nah sisanya rata-rata masih diangka 30-40% retribusi,” ungkapnya.

Lebih jauhnya Rustam mengatakan, hal itulah yang menjadi dasar DPRD menyoroti masalah pendapatan agar tak ada lagi defisit anggaran.

“Makanya kenapa pendapatan harus kita optimalkan, dalam hal ini tentu yang ada di depan mata, karena kan OPTD di satu sisi mendapatkan anggaran, di sisi lain penuhi dong retribusinya,”tegasnya.

Namun Pihaknya pun mendapatkan keterangan ada nya kesulitan-kesulitan sektor retribusi dan pendapatan lain yang sah.

“Memang di lapangan ada sedikit kesulitan, tapi kan kita juga kerja sama dalam hal itu. Karena disisi lain kebutuhan anggarannya kita penuhi, tapi tolong kewajiban mereka untuk urusan retribusi dengan target yang sudah ditetapkan tolong juga di maksimalkan, “pungkasnya. (yn).

darisinimulainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to content